Protek Flash Diskmu dari Virus,… “Tanpa anti Virus lho.. :p”

Sering banget aku denger kalo FD temen2 banyak yang kena virus..

tiba2 data pada ilang lah..

file ter-corrupt lah.. apalah.. pokoknya kalo ada FD kena virus lang aja dech mereka ejai..jei.. ma FD itu

huft.. takut laptonya dimasukki FD gara2 gak ada antivirusnya atau antivirus gak update…

well, gini tips nya,,..

1.    Pertama back up data pada FD (Flash Disk) anda (apabila ada isinya) kedalam PC atau laptop, lalu format FD anda. —Langkah ini tidak diharuskan untuk dilakukan hanya saja untuk jaga – jaga apabila FD anda telah terjangkit virus sebelumnya—

2.    Buatlah sebuah folder dalam falshdisk anda, dan berikan nama autorun.inf

3.    Masuk kedalam folder yang baru saja anda buat tersebut dan buatlah sebuah dokumen     notepad didalamnya. Caranya klik kanan, pilih NEW > TEXT DOCUMENT, dan berikan     sembarang nama untuk file yang baru saja anda buat (tidak diubah juga bisa –lihat gambar     dibawah–).  Nama ini nantinya akan kita ganti dengan beberapa karakter khusus.

4.    Setelah itu, kita akan membuka program CHARACTER MAP yang ada di START –>     ALL PROGRAMS –> ACCESORIES –> SYSTEM TOOLS > CHARACTER MAP.

5.    Setelah CHARACTER MAP terbuka, pilih font yang ada embel – embel unicode seperti Arial     Unicode atau Lucida Sans Unicode. Scroll kebawah sampai anda melihat huruf – huruf     Jepang, Korea, Cina, atau karakter – karakter yang anda angggap aneh atau tidak biasa.

6.    Pilih 4 atau 5 karakter yang anda inginkan, lalu copy.

7.    Ubah nama atau rename file teks/notepad yang telah anda buat pada langkah 3 diatas. Klik     kanan pada file tersebut, pilih rename, selanjutnya tekan [CTRL] + [V]. Nama file pun     berubah. Jangan kaget bila nantinya anda akan melihat karakter seperti tanda kotak – kotak     saja. Hal itu tidak apa – apa (normal).

8. Selesai dech..

Lho kok bisa..? hanya buat file autorun.inf dah bisa proteksi FD dari virus?

Gini.. nich prinsipnya penalarannya..Windows kan ga  terima kalo ada 2 file yang mempunyai nama yang sama (smua orang juga tau kan). Nah,     karena di FD kita uda ada nama autorun.inf, file lain ga boleh pake nama yang sama. Jadi     virus uda ga bisa pake nama autorun.inf (sebagian besar virus menyerang berawal dari     autorun.inf)

Mau mencoba? Silakan.. N selamat mencoba..

kalo kalian punya Tips2 lain.. bolehkan bagi2 ma kita2..  tuliskan tipsmu ke komentar. . :p

2 thoughts on “Protek Flash Diskmu dari Virus,… “Tanpa anti Virus lho.. :p”

  1. abang

    jazakillahu khairan dapat tambahan ilmu baru tentang text..
    ana seringnya coba buat folder autorun.inf, terus di dalam folder autorun.inf dibuat kembali folder-folder namanya con, null, aux. (ana buat sub folder-foldernya di linux, di windows kalau tidak salah harus pakai cmd). setelah dibuat, di windows nah coba dihapus dengan cara delete biasa. kalau ana coba, tidak bisa dihapus. sehingga folder autorun.inf tidak bisa di replace sama virus biasa. ngehapusnya pun di windows, salah satunya harus pakai cmd kembali.
    yang kedua, ana biasa membuat folder yang nama foldernya pakai kode unicode ASCII. terus ana simpan file-file nya di dalam folder tersebut. screenshotnya http://oi47.tinypic.com/34oabs7.jpg. virus biasa biasanya akan kebingungan sama folder ascii unicode tersebut dan ‘melewati begitu saja’. cmiiw..
    artikel pendukung untuk point kedua http://mumtazanas.wordpress.com/2008/01/27/trik-bukan-tips-pengaman-file-di-flashdisk-dan-sejenisnya/

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s